Skip to main content

Silabus Algoritma dan Pemrograman 1


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
2012/2013



MATA KULIAH                    :      Algoritma Dan Pemrograman I
FAKULTAS                          :      Teknik Informatika
JURUSAN / JENJANG          :      Teknik Informatika / S1
SKS                                     :      6 SKS
DOSEN PENGAMPU           :      Ahmad Syamsudin, S.Kom

POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]
1    Pengenalan AP II

#defin1.1   Konsep Dasar Algoritma & Pemrograman

1.1.1 Definisi Algoritma
1.1.2 Notasi Algoritma
1.2   Pendahuluan
1.2.1  Sejarah Bahasa C++
1.2.2  Struktur Program C++
1.2.3  Contoh Program

1.3   File Judul
1.4 Preprocessor (e)
Setelah mengikuti perkuliahan Algoritma & Pemrograman II   ini diharapkan mahasiswa :

1.       Mengetahui dan memahami  konsep dasar  Algoritma & Pemrograman
2.        Mengetahui Sejarah perkembangan Bahasa C++ dan dapat membuat program sederhana
3.       Mengetahui dan memahami File Judul
4.       Mengetahui dan memahami Preprocesor 
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :

1.       Menjelaskan secara singkat yang dimaksud dengan Algoritma.
2.       Memaparkan Sejarah Bahasa C++
3.       Menjelaskan Struktur Program C++

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                             
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005


 Pertemuan Ke         :  3/4
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]

Konsep Tipe Data



Operator




1.1   Mengenal Tipe Data (jenis)
1.2   Mengenal Variabel
1.3   Mengenal Konstanta

2.1  Operator Aritmetika
2.2   Operator Unary
2.3   Operator Pengerjaan
2.4   Operator Hubungan
2.5   Operator Logika
2.6   Operator Bitwise
2.7   Kuis I


Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :

1.       Mengetahui dan memahami berbagai jenis tipe data,variable dan konstanta.
2.       Mengetahui dan memahami Operator Bahasa C++

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :

1.        Mengerti jenis-jenis Tipe Data, Variabel, Konstanta dan pemakaiannya dalam program C++
2.       Mengerti Operator-operator C dan penggunaannya dalam program. 

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                            
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005

 Pertemuan  Ke  : 5
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]

1.Fungsi Output

2.Fungsi Input


1.1   Menampilkan Hasil di Layar
1.1.1   Fungsi-fungsi yang digunakan
1.1.2   Menampilkan Hasil Terformat
1.1.3   Menampilkan Hasil Tidak Terformat
1.2   Memasukan Data
1.2.1Fungsi-fungsi yang                         digunakan
     1.2.2 Memasukan Data  Terformat
1.2.3Memasukan Data  Tidak Terformat        

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa : 
Mengetahui dan memahami  fungsi Input & Output
Mampu membedakan Data Terformat Dan Tidak Terformat 

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :

1.       Mengerti dan memahami fungsi Input & Output
2.       Mengerti dan bisa membuat program dengan memanfaatkan fungsi Input & Output

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                            
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005



 Pertemuan Ke         :  6/7
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]

Mengendalikan Proses Program


1   Penyeleksian Kondisi
1.1  Arti Seleksi Kondisi
2   Statemen IF
2.1  If Tunggal
2.2  If – Else
2.3  If Bersarang

Statemen Switch
3.1Switch Tunggal
 3.2 Switch Bersarang

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
1.       Mengetahui dan memahami  konsep dasar seleksi kondisi dalam rangka mengenalikan proses program
2.       Mampu menerapkan dalam pembuatan program. 


Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1.       Mampu menjelaskan Konsep dasar  seleksi kondisi.
2.       Mampu menjelaskan statemen yang digunakan dalam seleksi kondisi
3.       Mampu menerapkan dalam pembuatan program

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                            
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005



 Pertemuan Ke         :  8
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
UTS
Materi Pertemuan 1 – 7



Pertemuan Ke         :  9\10\11
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]

Pengulangan Proses Program


1.       Pengertian Pengulangan (looping)
2.       Statemen For
3.       Statemen While
4.       Statemen While-Do
5.       Loop didalam Loop
6.       Statemen Continue
7.       Statemen Break

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
1.       Mengetahui dan memahami  konsep dasar Pengulangan
2.       Mengetahui dan memahami  statemen yang dipakai dalam proses pengulangan
3.       Mengetahui dan memahami  penerapan statemen pengulangan dalam pembuatan program.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1.       Mampu mejelaskan pengertian pengulangan proses program
2.       Mampu menjelaskan statemen –statemen pengulangan proses program
3.       Mampu membuat program pengulangan

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                            
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan Ke         : 12\13
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]

ARRAY


1.Pengertian Array
2.Deklarasi Array
3.Beda Array dengan Variabel Biasa
4.  Array Berdimensi
     4.1 Satu
     4.2 Dua
     4.3 Banyak
5.Inisialisasi Array Tak Beraturan
6. II Kuis

Setelah mengikuti perkuliahan Algoritma & Pemrograman II ini diharapkan mahasiswa : 
1.       Mengetahui dan memahami Konsep Array
2.       Mengetahui dan memahami Deklarasi Array berdimensi Satu, Dua dan Banyak 

Setelah mengikkuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: 
1.     Mengerti dan bisa membuat program dengan Array dimensi Satu, Dua dan Banyak
2.     Mengerti dan memahami perbedaan Array dengan Variabel

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                            
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
Pertemuan Ke         :  14\15
POKOK  BAHASAN
SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN
INSTRUKSIONAL UMUM
[T I U]
INSTRUKSIONAL KHUSUS
[T I K]

Fungsi



1.       Konsep Dasar Fungsi
2.       Mendefinisikan Fungsi
3.       Deklarasi Fungsi
4.       Prototype Fungsi
5.       Ruang Lingkup Variabel
5.1 Variabel Lokal
5.2 Variabel Global
5.3 Variabel Statik
6.Pengiriman Parameter
      6.1 Secara Nilai
      6.2 Secara Acuan
7. Rekursi

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa :
1.       Mengetahui dan memahami  konsep Dasar Fungsi
2.       Mengetahui cara mendeklarasikan Fungsi
3.       Mengetahui Cara Menbuat Fungsi
4.       Mengetahui dan bisa mengirim parameter

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1.       Mampu mejelaskan Fungsi
2.       Mampu membuat Program yang memuat Fungsi 

Kegiatan Belajar Mengajar   :   Penjelasan,tanya jawab dan  praktek
Media dan Alat Pengajaran  :   White Board, LCD PROJECTOR dan Komputer      
Sumber Pustaka     :                            
1.       Gaddis, Tony. Starting Out with C++ Early Objects. Boston: Addison-Wesley. 2011
2.       Schildt, Herbert. The Complete Reference C++: Fourth Edition. Osborne: McGraw-Hill. 2003
3.       Ezust, Alan. An Introduction to Design Pattern in C++ with Qt: Second Edition. Boston: Pearson Education. 2012
4.       Kadir, Abdul. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta. Andi. 2005
 Pertemuan ke 16 : UAS

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

UAS E-Learning 2018

Soal: Buatlah blog/website dengan tema: Pendidikan dengan ketentuan: a. terdapat posting dengan konten:         1. Dua artikel/ materi pelajaran yang didalamnya terdapat gambar         2. Soal multiple choice yang dibuat dengan google form (10 soal) dan dilink kan ke blog ini         3. video yang sudah dibuat berkelompok kemarin (upload di youtube dan masukkan video ke postingan blog) berserta laporan pembuatannya       b. setiap posting harus memiliki label (UAS , IAIN Kediri, Prodi Anda) c. setiap postingan harus terdapat identitas anda (Nama, NIM, Kelas) d. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke edmodo e. Kumpulkan link blog yang sudah anda buat ke kolom komentar di blog saya: https://udinulis.blogspot.com/2018/12/uas-e-learning-2018.html f. Pengumpulan UAS terakhir pada tanggal 15 Desember 2018

Final Project E-Commerce

Tugas Akhir untuk matakuliah E-Commerce. Deskripsi: Buatlah sebuah produk model bisnis E-Commerce yang menarik (forum, toko online, affiliate, broker dll) Ketentuan: Project dikerjakan berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya Project jika berupa toko online harus lengkap dengan barang yang akan dijual Buatlah satu halaman artikel atau post yang memuat identitas kelompok (kelas, nama, nim) Project akan dikoreksi pada tanggal 6 Juni 2015 Project yang diupload lebih dari tanggal 6 Juni 2015 tidak akan dikoreksi dan kelompok akan dianggap tidak mengumpulkan project kumpulkan link website project anda ke halaman komentar di posting ini lengkap dengan kelas dan nomor kelompok

Final Project - Pemrograman Berorientasi Objek 2013/2014

FINAL PROJECT| PBO   KETENTUAN 1.        Project akhir dikerjakan secara berkelompok sesuai dengan bentukan kelompok yang sudah dibuat 2.        Tentukan ketua project yang akan membagi tugas pembangunan project kepada anggota masing-masing 3.        Final project berupa pembuatan suatu program aplikasi berbasis java yang sudah mendukung operasi database dan didalamnya telah mengimplementasikan konsep-konsep PBO (encapsulasi, pewarisan, polimorfisme) 4.        Kelompok harus membuat laporan dokumentasi program 5.        Program yang dibuat harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya dan masing-masing kelompok harus berbeda tema 6.        Berikut adalah topik tema yang dapat diambil untuk final project: a.        Program kasir(penjualan / pembelian) b.        Program reservasi hotel c.        Program inventory/pergudangan d.        Program system akademik e.        Program penilaian siswa/mahasiswa f.         Program ren